Demi Kualitas Layanan Kesehatan, Pemkot Depok Kejar Target Akreditasi Puskesmas

Home Uncategorized Demi Kualitas Layanan Kesehatan, Pemkot Depok Kejar Target Akreditasi Puskesmas

Ada 35 Puskesmas di Kota Depok. Sebanyak 23 diantaranya, telah terakreditasi. Tahun ini, targetnya 29 Puskesmas. Tahun depan, semua Puskesmas ditarget sudah terakreditasi. Inilah komitmen pemerintahan kota.

Saat ini, Puskesmas yang sedang dalam proses akreditasi adalah Puskesmas Kecamatan Cimanggis, Depok. Kamis (03/10/2019), Tim Asesor Akreditasi Puskesmas dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) telah mengunjungi Puskesmas Cimanggis.

Kedatangan tim asesor tersebut dalam rangka proses re-akreditasi yang sedang dijalankan Puskesmas Cimanggis.

Walikota Depok, Mohammad Idris dalam sambutan pembukaan mengatakan, akreditasi puskesmas merupakan upaya peningkatan kualitas layanan kesehatan di wilayahnya.

Kualitas layanan itu terdiri dari ketersediaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK), sarana pra sarana, regulasi, serta pembiayaan untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

“Hal ini sejalan dengan misi Kota Depok yakni meningkatkan kualitas pelayanan publik yang professional dan transparan,” kata Idris, Kamis (03/10/2019).

Mohammad Idris menjelaskan, di Kota Depok saat ini terdapat 35 Puskesmas, 23 diantaranya telah terakreditasi dari target akreditasi tahun ini berjumlah 29 Puskesmas. Sedangkan 6 Puskesmas lain akan diakreditasi pada tahun 2020.

Puskesmas Cimanggis sebelumnya telah melaksanakan akreditasi perdana pada tahun 2016 dengan memperoleh predikat madya. Setelah tiga tahun 3 tahun berjalan, harus melaksanakan akreditasi kembali.

Walikota Depok berharap, pada akreditasi kali ini Puskesmas Cimanggis mendapatkan hasil yang lebih baik dari sebelumnya. Sehingga dapat menjadi semangat untuk memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal.

“Kita tidak boleh merasa puas dengan apa yang sudah kita capai saat ini karena ada hal yang lebih berat dan harus terus menerus dilakukan yaitu mempertahankan yang sudah baik dan melakukan perbaikan  untuk hal yang belum sesuai,” kata Mohammad Idris. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.