Apkasi Otonomi Expo 2019, Hadirnya Platform Digital Berbasis Artificial Intelligence Untuk Daerah

Apkasi Otonomi Expo 2019, Hadirnya Platform Digital Berbasis Artificial Intelligence Untuk Daerah

Ini akan menjadi perhelatan besar Indonesia. Diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi). Dijadikan sebagai agenda tahunan, dengan target menarik investor dalam dan luar negeri. Platform digital terbesar berbasis blockchain dan artificial intelligence pun digandeng.

 

Namanya Apkasi Otonomi Expo 2019 atau populer dengan #AOE19. Ini merupakan kegiatan tahunan Apkasi, yang diikuti seluruh anggotanya: Pemerintah Kabupaten di seluruh Indonesia.

Untuk penyelenggaraan tahun 2019, akan banyak hal yang berbeda dan spektakuler. Termasuk, dengan menghadirkan platform digital POTENSIANA (Potensi Alam Indonesia) yang merupakan portal informasi potensi daerah seluruh Indonesia dan trading house komoditi unggulan terbesar dan pertama berbasis blockchain dan artificial intelligence.

Kepastian ini, disampaikan dalam rapat teknis (technical meeting) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di Jakarta Convention Center, Senayan Jakarta, Selasa (23/4/2019). Rapat teknis diikuti oleh mayoritas peserta #AOE19 yang berasal dari pemerintah kabupaten.

Menurut Sekretaris Jenderal Apkasi, Najmul Akhyar, kegiatan rapat teknis ini diperlukan untuk memberikan informasi penting kepada seluruh peserta pameran dalam mempersiapkan diri. Baik dalam hal menyiapkan komoditas-komoditas yang akan ditampilkan hingga memastikan sisi keselamatan dalam proses pembangunan stand di arena pameran.

“Informasi penting lain yang perlu kami sampaikan adalah, hingga saat ini, Presiden RI masih konfirm untuk hadir dan membuka secara resmi Apkasi Otonomi Expo Tahun 2019, seperti tahun-tahun sebelumnya. Mudah-mudahan hingga sampai waktunya tidak terjadi perubahan,” ujar Najmul yang juga Bupati Lombok Utara ini.

Ia pun berharap, informasi tersebut dapat dicatat dan disampaikan kepada bupati atau pimpinan di daerah masing-masing, sehingga berbagai peluang bisnis dan investasi yang terbuka di #AOE19 nanti. Dengan demikian, dapat diikuti dan dimanfaatkan seoptimal dan semaksimal mungkin, demi kemajuan daerah masing-masing. Najmul menambahkan bahwa event ini untuk membuktikan kemajuan yang telah dicapai oleh daerah kepada khalayak ramai.

“Akumulasi kemajuan daerah inilah yang akan mencerminkan kemajuan Indonesia secara nasional dan Apkasi selalu memegang prinsip kita harus bisa maju secara bersama-sama,” tukasnya.

Sekjen Apkasi ini, dengan bangga menyebutkan bahwa sebelum perhelatan #AOE19, Apkasi bekerjasama dengan mitra kerja akan menghadirkan platform digital POTENSIANA (Potensi Alam Indonesia), yang merupakan portal informasi potensi daerah seluruh Indonesia dan trading house komoditi unggulan terbesar dan pertama berbasis blockchain dan artificial intelligence.

“Platform ini untuk menjawab tantangan Presiden Jokowi agar Apkasi mampu mengusung data center komoditi nasional yang bisa diakses oleh investor, khususnya investor dari luar negeri,” ujarnya.

Sementara itu, Syaifddin Ch Kai selaku Project Manager #AOE19 menggaris bawahi bahwa kegiatan pameran yang akan digelar 3-5 Juli 2019 tidak hanya melulu soal pameran.

“Di sinilah bedanya pameran yang digelar Apkasi, karena banyak kegiatan-kegiatan produktif dan menghibur yang bisa diikuti baik oleh peserta pameran maupun masyarakat umum, karena pameran ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya sepeser pun,” imbuhnya.

Syaifuddin menjelaskan bahwa beberapa kegiatan unggulan yang akan mengisi pameran #AOE19 selama 3 hari, di antaranya adalah business matching yang mempertemukan kepala daerah pemilik potensi komoditi dan investasi dengan investor dalam dan luar negeri.

“Di samping itu akan digelar dua workshop mengenai pariwisata dan regency branding, field-trip ke floating market di Lembang, aneka pertunjukan seni budaya mulai dari seni tari, seni musik hingga stand-up comedy dialek daerah, serta untuk pertama kalinya akan digelar Apkasi Film Festival. Semua kegiatan ini bisa dikuti gratis oleh peserta pameran yang mengisi stand,” tuturnya sambil tak lupa menyebutkan untuk ketiga kalinya juga akan digelar kembali Pemilihan Putri Otonomi Daerah 2019. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.