Melihat Forza Italia Dalam Laga Politik Kita

Melihat Forza Italia Dalam Laga Politik Kita

Silvio Berlusconi, mulanya seorang konglomerat. Situasi politik di Italia, membuat Berlusconi mengerahkan jaringan dan kekayaannya menjadi kekuatan politik. Namanya Forza Italia.

Oleh: Dr Firman Noor

Peneliti pada Pusat Penelitian Politik – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

 

Forza Italia, yang berarti Majulah Italia, adalah partai yang didirikan oleh Silvio Berlusconi. Forza Italia bukan partai yang dibangun oleh politisi atau aktivis politik, seperti pembentukan partai pada umumnya.

Partai ini, dibangun oleh jaringan usaha raksasa Berlusconi, bersama para analis politik profesional dan sebagian karyawan perusahaannya yang mendedikasikan diri untuk berperan sebagai aktivis politik.

Fenomena ini sebenarnya terjadi di banyak negara. Forza Italia adalah contoh par excellent di level internasional, karena Silvio Berlusconi adalah konglomerat yang menguasai beberapa industri penting di Italia, terutama media massa.

Dengan bantuan jaringan media, terutama Finivest, partai ini mampu membangun citra positif dan berhasil memenangkan pemilu setahun setelah didirikan.

Namun, dalam perkembangannya, ketergantungan Forza Italia pada Berlusconi demikian besar. Sehingga, partai ini cenderung menjadi sebuah institusi pribadi yang mendedikasikan diri untuknya.

Atas kondisi ini, partai ini kemudian disebut sebagai “personality party”.

Pages: 1 2 3 4 5 6

Leave a Reply

Your email address will not be published.